How to → Menciptakan Pusat Belajar di Rumah

Sebagian orang bisa belajar ditengah riuh rendahnya TV dan radio,
deringan telepon, kakak atau adik yang bertengkar, gonggongan anjing,
dan ortu yang sibuk modar-mandir. Mungkin kamu termasuk orang kayak
gitu? Hmmm, atau mungkin enggak? Coba deh panduan berikut ini supaya
kamu bisa belajar dengan lebih baik.

Tempat
: Berusahalah menemukan tempat yang tenang bebas dari gangguan (nggak
ada telepon, ngak ada game2an). Pilih tempat yang bukan tempat kamu
melakukan hal lain. Misalnya nihm kalau kamu belajar diatas tempat
tidur, kamu akan berpikir tentang tidur, dan segera ajah deh..
1…2..3…zzzzzzzzzz.

Pencahayaan :
Sebagian orang suka cahaya terang dan sebagian lagi memilih cahaya
redup. Cahaya alami yang paling baik, tetapi cahaya apapun boleh
asalkan memadai untuk membaca dan berkerja tanpa merusak mata. Lampu
harus bersinar dari belakang pundakmu dan nggak ngarah langsung ke
bidang baca.

Tempat duduk
: Sah-sah aja sih duduk di sofa, tapi lebih bagus duduk di kursi
berpunggung lurus didepan meja.

Keributan :
carilah tempat yang jauh dari pusat kegiatan. Buatlah tulisan yang bisa
ditempelkan, misalnya “Do not disturb, lagi belajar” ya kayak gitu-gitu
deh supaya orang lain tahu kamu lagi belajar.

Alat tulis : Siapkan
barang-barang berikut dalam satu tempat, misalnya kotak sepatu atau
apa, yang pokoknya bisa nampung alat-alat tulismu.

  • pensil
  • bolpoin
  • penghapus
  • spidol
  • kertas kosong
  • selotip
  • peraut
  • lem
  • stapler
  • penggaris
  • pensil warna
  • kalkulator
  • gunting
  • dsb

Tanya kan ke ortu atau kakak atau siapa mu, apakah mereka punya
persediaan yang dapat diberikan ke kamu??

Komputer :
dizaman ginii, rata-rata orang udah punya komputer jinjing pribadi.
Karena dizaman sekarang komputer jinjing sudah mudah didapatkan

Rujukan :
bikin perpustakaan kecil yang setidaknya berisikan kamus atau tesaurus,
ensiklopedi, dll

Papan tempel :
gunakan papan tempel untuk menempelkan kalender, catatan penting, dan
petunjuk khusus. Beri ruang untuk kartu pos, foto dan gambar. Pusat
belajar mu ga harus membosankan kan?

Sumber : Sekolah Siapa Takut..?! Jeanne Shay Schumm, Ph.D

About melindamelindo

Seorang Pelajar yang sedang menuntut Ilmu Pengetahuan untuk menuju ke target yang dituju.

Posted on Desember 11, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: